Quidditch si Aplikasi Pintar Deteksi Penyakit Buah Naga (Dragon Fruits)

ByVisions education

Quidditch si Aplikasi Pintar Deteksi Penyakit Buah Naga (Dragon Fruits)

Tahukah Anda bahwa Buah Naga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk kesehatan. Berbagai macam manfaat buah naga tidak akan habis serta bisa kita perbarui apabila kita tau cara membudidayakan tanaman ini dan membuat solusi yang inovatif dan kreatif. Sebelum membahas lebih  lanjut, mari kenalan dulu dengan buah yang rasanya istimewa ini, hehehe.  Tanaman Buah Naga (Hylocereus sp.) adalah tanaman yang berasal dari Amerika latin seperti Panama, Guyana dan Meksiko. Dragon fruits memiliki 6 spesies, yaitu

 

1. Buah Naga Putih

Buah naga putih atau Hylocereus undatus sudah lazim lagi di masyarakat. Ini karena buah naga jenis ini mudah dibudidayakan baik dalam pot maupun kebun.

 

Sayangnya, berat buah masak berkisar antara 450-600 gam. Lebih kecil dibanding buah naga merah.

Rasanya juga tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan buah naga lain, kandungan gulanya hanya 10-13% biks. Briks adalah satuan untuk mengukur gula dalam larutan.

2.Buah Naga Merah

Secara fisik hampir mirip dengan buah naga putih. Tapi,warna kulit buah naga jauh lebih merah pekat. Dagingnya berwarna merah marun. Tekstur daging buahnya lebih berair daripada buah naga putih. Buah jenis ini mempunyai nama ilmiah Hylocereus polyrhizus

 

3. Buah Naga Super Merah

Nama ilmiahnya Hylocereus costaricensis. Mirip dengan buah naga merah, namun nama ilmiahnya berbeda, karena warnanya jauh lebih merah.

 

Batangnya berwarna loreng saat tua, tingkat kemanisan 12-18 briks. Buah naga ini sedang banyak digemari petani karena dianggap paling laku. Rasanya manis dan tidak langu.

 

4. Buah Naga Kuning

Perbedaan pada buah naga yang satu ini sangat mencolok. Mulai dari warna kulitnya yang memang kuning cerah dan dagingnya yang berwarna putih. Kalau orang tak melihat bagian kulitnya, pasti menyangka ini buah naga putih.

Buah naga kuning atau dikenal sebagai Selenicereus megalanthus berukuran lebih kecil dibandingkan buah naga lainnya. Buah ini masih belum banyak yang membudidayakan sehingga tergolong buah langka. Kalau pun ada, di swalayan, harganya cukup mahal.

Rasanya lebih manis dibandingkan buah naga yang lain. Kandungan gulanya 15-18% briks.
Buah yang dijuluki yellow pittaya ini  mempunyai kandungan sakrosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Saat Anda mengonsumsi buah ini, maka sensasi segar akan Anda rasakan

Ukuran buah naga kuning bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga jenis lain, hanya segenggaman tangan, sekitar 80-100 gram.

Harga yang mahal dan ukuran yang kecil membuat buah ini kurang populer di indonesia.  Bibitnya juga agak susah di Indonesia.

5. Buah Naga Hitam

Buah naga hitam tergolong pendatang baru di dunia pertanian Indonesia.

Pertama kali dikembangkan di Indonesia yang dirintis oleh tokoh bernama Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat. Kediri merupakan kota yang menjadi tempat budidaya buah naga hitam saat pertama kali masuk ke Indonesia.

Sebenarnya, buah naga hitam merupakan hasil persilangan dari buah naga super red yang dipelihara dengan pemberian pupuk Black Natural atau pupuk hitam.
Pupuk tersebut terdiri dari komposisi, kotoran sapi, cengkeh limbah pabrik rokok, ampas jamu dan abu sekam. Adanya campuran tersebut membuat buah naga hitam mengandung banyak betakaroten sehingga warna daging buah nampak lebih pekat.

Secara fisik, bentuknya sama dengan buah naga pada umumnya. Kulit buah naga hitam tetap berwarna merah. Ciri khusus terletak pada sisiknya yang besar. Pohon buah naga hitam juga sama dengan pohon buah naga lainnya.

Bedanya ya hanya pada daging buahnya. Sebenarnya tidak berwarna hitam legam, tapi lebih ke warna merah sangat pekat sekali sehingga nampak mendekati hitam. Cara membudidayakannya pun sama dengan cara membudidayakan buah naga pada umumnya. Poin utamanya, terletak pada pupuk hitam yang digunakan. Pupuk inilah yang membuat buah naga hitam tercipta.

Buah Naga Orange

Buah ini masih satu keluarga dengan buah naga kuning.
Bedanya warna daging buahnya. Lihat gambar dibawah ini, warna daging buah naga orange adalah merah bukan putih seperti buah naga kuning.

Sayangnya buah naga orange masih langka baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kebanyakan bibit yang dijual masih berupa biji bijian, bukan stek. Anda harus ekstra keras untuk mendapat bibit buah naga ini

WASPADA! WASPADALAH! BEBERAPA PENYAKIT BUAH NAGA YANG PERLU ANDA PAHAMI!

1. Fusarium

2. Busuk Pangkal Batang

  • Gejala: tanaman buah naga sering mengalami pembusukan pada pangkal batang, berwarna kecokelatan dan terdapat bulu putih.
  • Penyebab: pembusukan tersebut disebabkan oleh kelembaban tanah yang berlebihan sehingga muncul jamur yang menyebabkan kebusukan yaitu Sclerotium rolfsii Sacc. Penyakit ini sering terjadi pada bibit stek yang belum tumbuh akar dalam bentuk potongan.
  • Penanggulangan: dengan penyemprotan Benlate dengan dosis 2 g/ltr air atau menggunakan Ridomil 2 g/ltr air sebulan sekali. Bila muncul gejala kekuningan pada pangkal batang maka segera dilakukan penyemprotan pada seluruh batang dan diutamakan pada pangkal batang yang terserang.

3. Busuk bakteri

Penyakit busuk bakteri juga kerap menyerang tanaman buah naga.

  • Gejala seperti tanaman tampak layu, kusam, terdapat lendir putih kekuningan pada tanaman yang mengalami pembusukan.
  • Penyebab: penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sp.
  • Penanggulangannya: dengan mencabut tanaman yang sakit, kemudian pada lubang tanam diberi Basamid dengan dosis 0,5-1 gram dalam bentuk serbuk kemudian pada lubang tanam tersebut ditanam bibit baru.Untum masalah ini, saya berniat membantu petani untuk dapat mengklasifikasikan penyakit buah naga ini dengan alat bantu teknologi aplikasi Quidditch ini. Nama aplikasi ini terinspirasi dari film legendaris Harry Potter yang mana saya adalah salah satu penggemar karya JK. Rowling nan membahana ini. hehe

By the way, mengenai aplikasi ini masih dalam pengembangan. Mohon doa teman teman agar aplikasi ini terwujud dan bermanfaat bagi banyak orang. Hubungi kami di instagram @quidditch.in atau email saya di sari.dewi@mail.ugm.ac.id

Matur Nuwun

Disarikan dari http://budidayapopuler.blogspot.com/2016/03/penanganan-hama-dan-penyakit-buah-naga.html

 

6 Jenis Buah Naga dan 50 Manfaat + Faktanya

About the author

Visions education administrator

A person with an eagerness in learning something new. I am able to speak and write Japanese and Mandarin besides English.I’m skilled at operating computer including language programming and editing software.

Leave a Reply