Virus Deep Neural Network Dari Theano Menggunakan Anaconda

ByVisions education

Virus Deep Neural Network Dari Theano Menggunakan Anaconda

Belakangan ini kita sering menjumpai istilah ‘Deep Learning’ atau ‘Deep Neural Network’. Sebenarnya Deep Neural Network adalah istilah untuk sebuah jaringan saraf tiruan (Artificial Neural Network-ANN) dengan jumlah hidden layer lebih dari dua. Istilah ini sebenarnya merupakan re-branding dari jaringan saraf tiruan sendiri. Kenapa saya mengatakan ‘re-branding’, karena sebenarnya ANN dengan hidden layer lebih dari dua sudah ada sebelum istilah Deep Neural Network muncul, namun pada saat itu sangatlah sulit untuk men-train sebuah ANN dengan hidden layer lebih dari dua dikarenakan masalah vanishing dan exploiding gradient, serta spesifikasi komputer yang tidak memadai.

Seiring dengan munculnya istilah DeepNN, beberapa framework yang diperuntukan untuk membuat aplikasi ataupun prototype DeepNN mulai bermunculan seperti

Pada post kali ini saya akan share mengenai cara instalasi Theano dan Keras.

Theano

Theano merupakan sebuah Python library yang diperuntukan untuk memodelkan sebuah permasalahan matematika. Theano akan mentransform code yang kita tuliskan kedalam bentuk optimized C sehingga pada kasus tertentu performa Theano dapat lebih cepat dibandingkan ‘hand-crafted C’ implementasi . Selain itu, Theano juga dapat dijalankan menggunakan GPU, yang tentunya lebih cepat dibanding CPU dalam proses komputasi dan training ANN dengan jumlah data yang banyak.

Pada postingan ini saya akan menginstall Theano menggunakan anaconda, untuk installasi anaconda dan python bisa lihat postingan ini. Setelah berhasil menginstall anaconda dan phyton, kita bisa langsung menginstall theano dengan mengetikan perintah

1
conda install theano pygpu

Pada command prompt atau conda command prompt, jika proses installasi diatas telah selesai. Ada dapat menguji apakah installasi telah sukses atau tidak dengan menjalankan script python

1
2
import theano
theano.test

Jika tidak terdapat error maka proses intallasi Theano telah sukses, namun jika terdapat error, anda dapat mengetikan perintah

1
conda install mingw libpython

pada command prompt untuk menginstall mingw yang diperlukan untuk meng-compile Theano.

Keras

Ok, setelah kita berhasil menginstall Theano, kini saatnya meng-install Keras. Keras merupakan high-level API yang diperuntukan untuk memodelkan Neural Network dan dapat berjalan diatas Theano ataupun TensorFlow. Sama seperti Theano, Keras berbasis Python. Berbeda dengan Theano, pada Keras untuk membuat sebuah model Deep-NN kita tidak perlu memulai dari 0, karena Keras sudah menyediakan beberapa model ANN seperti CNN, RNN, dan FeedForward.

Jika pada tahan produksi atau jika anda ingin men-train sebuah Deep-NN model dengan jumlah data yang banyak, saya anjurkan untuk menggunakan Keras, dikarenakan model pada Keras telah dioptimisasi, sehingga dapat berjalan lebih cepat dibanding jika kita melakukan hand-crafted implementasi menggunakan Theano atau TensorFlow. Tapi jika anda ingin ‘bermain – main’, dengan model anda sendiri dan ingin belajar mengenai Deep-NN saya anjurkan untuk menggunakan Theano.

Install Keras

Untuk menginstall Keras, caranya cukup mudah, anda cukup mengetikan perintah

1
conda install -c conda-forge keras=2.0.2

pada command prompt. Setelah anda menginstall Keras, anda dapat mencoba menjalankan script

1
2
from keras.models import Sequential
model = Sequential()

Pada tahap ini anda akan mendapatkan error, hal ini dikarenakan pengaturan awal Keras adalah untuk bejalan diatas TensorFlow. Untuk menjalankan Keras diatas Thenao, caranya cukup mudah.

  1. Temukan file keras.json pada direktori C:/Users/nama_user_anda/.keras
  2. Ubah “backend”: “tensorflow” menjadi “backend”: “theano”

Ok sampai pada tahap ini kalian telah berhasil untuk menginstall Keras dan Theano, selama bermain-main dengan Deep-NN

Disarikan dari https://prasetiautamacv.wordpress.com/2017/04/09/install-keras-dengan-theano/

About the author

Visions education administrator

A person with an eagerness in learning something new. I am able to speak and write Japanese and Mandarin besides English.I’m skilled at operating computer including language programming and editing software.

Leave a Reply