May 24

Tahap Awal Mengenal Machine Learning

Bukan penggemar Harry Potter kalau Anda belum menguasai bahasa Python. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata Python? Ya, Sanca kembang atau sanca batik adalah sejenis ular yang berbisa dan bahkan bisa menelan manusia. Di film Harry Potter, teringat yang hanya menguasai bahasa ular hanya Harry sendiri diantara teman-teman lainnya.

Baru-baru ini di dunia Ilmu Komputer selintas lalu ada kata Machine Learning yang kemungkinan sudah familiar bagi mahasiswa Ilmu Komputer atau Teknik Informatika, atau bahkan siswa SMA.Machine Learning adalah bidang Ilmu Komputer yang membuat sebuah komputer dapat belajar berdasarkan data yang diberikan.Jika Anda tertarik dengan dunia yang satu ini untuk mempelajari Machine Learning ada dua pendekatan, dimulai dari mempelajari teori atau langsung ke praktiknya. Maka, untuk belajar Machine Learning, ada beberapa bahasa pemograman yang populer dikalangan Scientific Programmer.

  1.  (https://www.r-project.org/)
  2. Matlab (http://www.mathworks.com/)
  3. Python (https://www.python.org/)
  4. Julia  (http://julialang.org/)

Diantara bahasa pemrograman diatas saya memilih Python karena komunitas Phyton yang sudah stable dan terdapat banyak scientific librarynya.

Langkah Pertama:

Instalasi python di Windows sangat gampang. Langkah-langkanya sama seperti menginstal software Windows pada umumnya, next-next-finish.Tapi ada konfigurasi yang harus dipilih ditengah-tengah proses instalasi, agar perintah Python dapat dikenali di CMD.Python yang akan di instal dalam panduan ini adalah python versi 3. Download di situs resmi python (python.org).

Langkah kedua

Install PyCharm di https://www.jetbrains.com/pycharm/download/ pilih yang community ya untuk kebutuhan scientific, soalnya kalau yang professional itu berbayar

Kemudian setelah donwload Pycharm, diinstall yaa

 

Contoh pemrograman class di Python

Setelah di run

Selesai!

Silahkan coba,kalau mau jadi lebih Expert atau Tingkat Dewa silahkan bergabung secara remote di homepage kami pythonthusiast.com !

 

Cheers,

 

Sari Dewi


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted May 24, 2018 by Princess of Frogs in category "Uncategorized

About the Author

A person with an eagerness in learning something new. I am able to speak and write Japanese and Mandarin besides English.I’m skilled at operating computer including language programming and editing software.I mostly talk about drone technology.travel,foods,livestyle and fashion

Leave a Reply

Your email address will not be published.