Youth Connection

ByVisions education

Youth Connection

Buat para mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate, bingung setelah lulus kuliah mau ngapain? Mau nerusin kuliah lagi di Luar Negeri (LN), tapi takut, bingung, dan gak ngerti gimana caranya? Trus, ngeliat ada senior atau kawan yang bisa nerusin kuliah ke LN, jadi mupeng apalagi kalau studinya pake beasiswa yang ter-cover full? Pengen juga bisa studi lanjut di LN dengan mendapatkan beasiswa? Nah, tapi masih bingung gimana caranya dan apa aja yang harus disiapin?

logo YouthConnection

Kini Departemen Hubungan Luar Negeri MITI KM, membuka kembali program mentorship yang akan menghubungkan pemuda Indonesia di LN, untuk mementor pemuda Indonesia di Dalam Negeri (DN) demi menggapai mimpi untuk melanjutkan studi di LN. Kami siap memfasilitasi kamu-kamu yang mau, niat, serius, dan tekun, untuk persiapan studi lanjut S2 ke negara impian kamu. Programnya bernama Youth Connection, alias YC (baca: wai si).

Latar belakang diselenggarakannya program YC ini adalah, bahwa pada dasarnya kami melihat kurangnya follow-up bagi para mahasiswa yang doyan ngikut acara scholarship workshop atau info beasiswa lainnya, demi mewujudkan mimpi studi ke LN menjadi kenyataan. Yang masih sering muncul adalah, banyak mahasiswa, masih bingung gimana langkah teknis yang lebih detail kalo pengen studi ke LN. Nah, dari gap inilah program YC dibentuk, dan semoga kami bisa menjawab tantangan tersebut.

Di YC ini, kamu bakal dibimbing dari bulan Mei sampai Desember 2015, buat nyiapin segala macam persyaratan, dari A sampe Z, untuk studi lanjut ke LN. Kamu juga bakalan digenjot buat nyiapin segala hal, tentang urusan studi dan urusan beasiswanya. Dan inget, karena ini cuma buat kamu-kamu yang emang niat, serius dan tekun, sebelum gabung di program YC, kamu harus mengikuti seleksi dari kami. Buat mereka yang udah lolos, maka bersiaplah bertarung melawan diri sendiri untuk mewujudkan impian kamu, melanjutkan studi ke LN.

Kalo kamu berhasil menjadi peserta, tiap bulannya bakal kita adakan Temu Online. Temu Online ini jadi tempat buat para peserta untuk bincang-bincang seputar studi di LN dan beasiswanya, dengan masing-masing mentor. Nggak cuma itu, tiap bulannya kamu juga bakal dikasih tugas yang mesti kamu kerjakan. Tujuan tugas-tugas ini ya buat kepentingan para peserta juga dalam mewujudkan impiannya.

Tahun ini YC tampil dengan 14 orang mentor yang siap membimbing kamu dalam menggapai impian studi ke LN. Empat belas orang mentor ini akan mewakili 13 negara tujuan studi lanjut. Penasaran siapa aja para mentornya? Ini dia daftarnya:

No. Nama Mentor Negara
1 Riska Ayu Purnamasari Jepang
2 Ahmad Zaki Inggris
3 Muhammad Khafidh Belanda
4 Tri Bagus Susilo Arab Saudi
5 Siti Fatimah Az Zahra Taiwan
6 Fauzi Ahmad Turki
7 Canggih Puspo Wibowo Thailand
8 Donny Lesmana Australia
9 Khatijatussalihah Hanafiah Amerika Serikat
10 Akhir Pebriansyah Republik Ceko
11 Udayanto Dwi Atmojo Selandia Baru
12 Ahmad Nasikun Korea Selatan
13 Reza Fathurrahman Jerman
14 Widi Nugroho Australia

Trus apa aja sih syarat-syaratnya biar bisa jadi peserta YC? Ini dia lho syarat-syaratnya:

  1.   Mahasiswa S1 yang akan lulus tahun 2015 atau yang sudah lulus S1
  2.   Serius untuk melanjutkan studi S2 di Luar Negeri
  3.   Sudah mengetahui jurusan yang ingin diambil beserta universitas dan negaranya secara spesifik
  4.  Memiliki koneksi internet yang cukup baik, karena koneksi internet yang baik dibutuhkan saat konsultasi (Temu Online) per bulan
  5.   Disiplin, karena kalo kamu terlambat mengumpulkan tugas sesuai deadline-nya, maka akan dieliminasi

Kepengen gabung jadi peserta YC untuk tahun 2015 ini? Yakin punya modal niat, keseriusan, dan ketekunan yang cukup? Segera aja daftar dan ikuti proses seleksinya di bawah ini.

Pendaftaran telah ditutup

Sesi pendaftaran dibuka dari Rabu, 8 April 2015 sampai dengan Minggu, 26 April 2015. Pengumuman hasil siapa aja yang lolos sebagai peserta, akan kami infokan pada tanggal 3 Mei 2015.

Selamat berjuang!

Butuh info tambahan seputar YC? Klik di sini

Youth Connection 2015
dipersembahkan oleh
Departemen Hubungan Luar Negeri
MITI Klaster Mahasiswa
#fromHLNwithLove
#YCletsGoAbroad

About the author

Visions education administrator

A person with an eagerness in learning something new. I am able to speak and write Japanese and Mandarin besides English.I’m skilled at operating computer including language programming and editing software.

Leave a Reply