4 Organisasi yang Biasa Diikuti Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

ByVisions education

4 Organisasi yang Biasa Diikuti Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Kuliah di kampus luar negeri mungkin masih menjadi salah satu impian banyak pemuda Indonesia. Tentu kalau kamu kuliah di luar negeri, berbagai kesempatan ingin dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tidak hanya ingin belajar tentang bidang studinya, tetapi juga hal-hal lain di luar bidang studi, seperti jalan-jalan, belajar budaya negara lain, dan sebagainya. Nah, tentu kamu juga ingin mendapat jaringan seluas-luasnya ketika kamu kuliah di Luar Negeri. Jangan khawatir dengan kemungkinan kamu bakalan sendirian di negeri rantau, karena banyak organisasi Indonesia yang bisa kamu temukan. Berikut beberapa organisasi Indonesia yang bisa kamu ikuti, ketika sedang kuliah di luar negeri:

1. Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)

Oktober 1
Sumber gambar: http://enschede.ppibelanda.org/

 

Mungkin ini organisasi paling populer bagi mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di luar negeri. Organisasi ini, hampir ada di semua negara, PPI digunakan sebagai wadah komunikasi dan kontribusi pelajar Indonesia yang sedang belajar di negara tertentu. Biasanya setiap kota memiliki PPI tingkat kota, dan juga ada PPI tingkat negara yang mewadahi seluruh PPI kota. Kegiatan PPI beragam, dari memberi info-info tentang kampus, membantu para mahasiswa yang baru datang, sampai menjadi agen penyebaran budaya Indonesia untuk diperkenalkan ke wilayahnya.

2. Organisasi Keagamaan

Sumber gambar: http://cakshon.com/tag/kehidupan-mahasiswa-phd/
Sumber gambar: http://cakshon.com/tag/kehidupan-mahasiswa-phd/

Organisasi keagamaan biasanya ada di setiap kota. Jauh dari keluarga dan negara asal, membuat banyak mahasiswa semakin menyadari pentingnya ilmu agama. Kegiatan organisasi keagamaan ini biasanya seperti pengajian rutin, pengumpulan zakat, belajar membaca Al Qur’an, dan lain-lain. Biasanya dalam organisasi keagamaan ini tidak hanya mahasiswa, tetapi juga orang Indonesia yang sedang bekerja di negara tersebut. Jangan salah, mahasiswa yang mungkin jarang ikut pengajian di Indonesia, biasanya jadi rajin ngaji saat di luar negeri. Selain karena merasa semakin butuh ilmu agama, tapi (mungkin) juga karena di setiap pengajian, pasti ada makanan Indonesia. Kalau di Indonesia, ngaji dulu baru makan, tapi kalau di luar negeri, biasanya makan dulu baru ngaji (khususnya di Belanda). 😀

 

 

3. Organisasi Keilmuan

Sumber gambar: http://www.istecs.org/
Sumber gambar: http://www.istecs.org/

Di luar negeri juga ada beberapa organisasi yang mewadahi para mahasiswa, untuk berkontribusi bagi Indonesia, dengan ilmunya. Organisasi ini sering melakukan kajian-kajian tentang masalah di Indonesia, berdasarkan spesialisasi keilmuannya. Organisasi seperti ini sangat berguna kalau kamu ingin punya jaringan luas dengan orang-orang yang punya spesialisasi keilmuan yang sama dengan kamu. Beberapa contohnya seperti Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional (I4), Insitute for Science and Technology Studies (ISTECS), ataupun forum-forum diskusi yang diadakan secara personal oleh mahasiswa.

4. Organisasi Berbasis Hobi

Sumber gambar: http://www.angklungeindhoven.com
Sumber gambar: http://www.angklungeindhoven.com

Kalau kamu punya hobi khusus dan ingin terus mengembangkan hobimu, di luar negeri juga ada beberapa organisasi yang berbasis hobi, seperti angklung, musik, fotografi, nyanyi dan sebagainya. Jadi, jangan khawatir hobimu akan mati suri ketika kamu lagi kuliah di luar negeri.

 

Nah, itu tadi beberapa organisasi yang bisa kamu ikuti saat kamu kuliah di luar negeri. Semoga bisa jadi tambahan gambaran, untuk kamu-kamu yang tidak hanya ingin menghabiskan waktu untuk belajar saja, tapi juga ingin tergabung dalam organisasi. [MK]

About the author

Visions education administrator

A person with an eagerness in learning something new. I am able to speak and write Japanese and Mandarin besides English.I’m skilled at operating computer including language programming and editing software.

Leave a Reply